Saturday, May 28, 2011

PENGGUNAAN HIDROGEN


A.                                  Penggunaan Hidrogen
Hidrogen dapat digunakan untuk berbagai keperluan, anatar lain sebagai berikut.
·               Dalam penyelidikan ilmu cuaca dan kosmis, dipergunakan sebagai bahan pengisi balon udara karena massanya yang ringan.

·               Dalam industri margarin, pemasakn lemak dan sabun. Lemak yang boleh dimakan seperti margarin dapat dibuat dari minyak tanaman dengan mengerjakannya bersama hidrogen di bawah tekanan dan adanya katalisator nikel pada suhu 200 ° C.

·               Hidrogen diperlukan pada peniup api oksi – hidrogen guna penyambungan atau peleburan logam.

·               Dalam industri amoniak dan persenyawaan nitrogen yang lain, yang diperlukan bagi penyediaan pupuk pertanian, bahan peledak, dan dalam industri plastk.

·               Dalam industri HCl dan asam klorida secara sintesis serta dalam industri kimia organik.

·               Hidrogen cair dipergunakan sebagai bahan bakar dalam industri peroketan, seperti pada roket – roket ruang angkasa Amerika Serikat.

·               Hidrogen banyak digunakan dalam pemurnian minyak bumi untuk menghilangkan ikatan rangkap karbon – karbon ( yang terdapat dalam hidrokarbon tak jenuh ) menjadi ikatan tunggal / senyawa jenuh.

·               Isotop hidrogen 2H digunakan sebagaipendingin pada reaktor nuklir.

·               Isotop hidrogen 3H digunakan dalam reaksi fusi nuklir, sebagai penanda dalam geokimia isotop, juga terspesialisasi pada peralatan self-powered ligthing, serta sebagai radiolabel dalam penandaan percobaan kimia.

·               H2 cair digunakan di riset kriogenik yang meliputi kajian superkonduktivitas.
·               Hidrogen digunakan sebagai bahan campuran dengan nitrogen ( disebut forming gas ) sebagai gas perunut pendeteksian kebocoran gas yang kecil.

·               Hidrogen adalah zat aditif ( E949 ) yang diperbolehkan penggunaannya dalam ujicoba kebocoran makanan dan sebagai antioksidan.

No comments:

Post a Comment